Pages

Sabtu, 23 Oktober 2010

LET’S TWEET SWEET !

Belum juga reda kasus penculikan dan penipuan melalui facebook, sekarang muncul lagi masalah lain. Kali ini justru melalui social networking lain yang namanya yang nggak kalah meroket dari facebook, Twitter. Dua pelajar Indonesia berhasil menembus jadi trending topic di Twitter dan hebatnya sempat mengalahkan topic tentang Ipad dan Google Buzz. Yang cukup bikin prihatin, mereka menjadi trending topic bukan karena meraih penghargaan atau prestasi tertentu. Tapi justru karena mereka menulis komentar pedas berisi cacian yang mengundang banyak reaksi dari tweeps lainnya (sebutan untuk pengguna Twitter). Otomatis banyak yang menyebut mereka sebagai seleb dadakannya Twitter. Sebenarnya siapa sih mereka?
            Mereka itu Marsha dan Rana, dua pelajar wilayah Jakarta dari sekolah yang berbeda. Rana menyebut kalau pengguna Blackberry itu anak layangan (alay). Sedangkan Marsha sempat menulis kalau pelajar dari sekolah negeri itu kampungan. Enggak heran hanya dalam hitungan detik, ribuan reaksipun bermunculan. Ternyata yang terkena imbasnya enggak hanya Marsha, tapi juga pihak sekolah Marsha. Akhirnya, Marshapun segera minta maaf melalui surat yang ditulis resmi dan pastinya melalui Twitter. Sedangkan berita Rana menjadi simpang siur karena cukup banyak yang pro dengan pendapat Rana soal penggunaan smartphone tersebut.
Masalah melontarkan cai-makian melalui Twitter ini sebenarnya bukan yang pertama kali untuk kita. Artis Luna Maya juga pernah menuliskan uneg-unegnya yang malah berujung pada kemarahan besar pada pihak tertentu. Kamu pasti masih inget sama kasus ini. Curhatan Luna Maya di Twitter bahkan sampai mau dimeja-hijaukan!. Tapi, pihak yang setuju dengan pendapat Luna Maya juga nggak kalah banyak jumlahnya. Ceritapun berakhir damai dengan permintaan maaf sekaligus ucapan ucapan terima kasih kepada pihak yang sangat mengerti posisinya sebagai manusia biasa.
Entah apakah ada sindrom tertentu yang menyerang beberapa pengguna Twitter saat ini. Mereka dengan bebas mengeluarkan pendapat yang terkadang tanpa filter sama sekali. Padahal pada awalnya Twitter yang dikategorikan microblogging ini lebih diperuntukkan untuk menyebar berita penting supaya kita saling tahu perkembangan belahan dunia lain. Berita seperti gempa bumi, tsunami, atau bahkan konser-konser artis di wilayah luar Indonesia bisa kita dapatkan informasinya dengan sangat cepat.Disadari atau tidak, rasa nasionalisme kita juga makin tumbuh subur berkat adanya Twitter lho. Masih inget dong dengan #indonesiaunite atau topic lain seperti #madeinIndonesia dan #banggajadianakIndonesia? Topik-topik seperti itulah yang harusnya kita angkat sekaligus dikampanyekan ke seluruh penjuru dunia.
 Sebenarnya nggak ada larangan tertetu kok dengan isi Twitter kamu saat ini. Semua bebas berekspresi mengeluarkan semua yang ada di pikiran. Pasti sering deh dapat tweet dari teman-teman kamu sendiri yang isinya cenderung untuk curhat pribadi. Semua sah dan nggak dilarang ! Tapi apakah kamu siap menanggung resiko kalau ternyata isi tweet mu itu menyinggung banyak pihak? Apakah siap diserang dengan kata-kata yang lebih dahsyat sakitnya? Sebagai cewek yang smart dan selalu berpikir sebelum bertindak, kamu nggak akan mudah melakukan semua itu. Pasti masih banyak pikiran-pikiran positif lain yang harus kamu sebar ke seluruh dunia. Jangan mau kalah dong dengan isi Twitter John Legend yang menyatakan dia punya malam menyenangkan bersama para penonton yang antusias di Indonesia! Masih banyak juga artis luar lainnya yang penasaran banget ingin segera dating ke Indonesia. Let’s tweet and r-tweet all the god, not the bad things !

0 komentar:

Posting Komentar