Pages

Jumat, 22 Oktober 2010

GERAK TEPAT SAAT GEMPA

Belakangan, kondisi alam Indonesia makin nggak stabil. Dalam sebulan, bisa dua kali kita kena gempa bumi dengan kekuatan besar. Kabarnya, kemungkinan besar Indonesia terkena gempa lagi. Karena, Indonesia merpakan pertemuan empat lempeng tektonik !
Bumi bukan sekedar berputar pada porosnya. Tapi, bagian terluar atau lempengnya juga bergerak di waktu tertentu. Gempa bumi sendiri, disebabkan oleh pelepasan energi akibat tekanan yang dihasilkan ketika lempeng bumi itu bergeser. Nah, ternyata arus pergeseran lempeng ini juga dipicu oleh suhu yang memanas. Otomatis global warming yang terjadi sekarang, turut punya andil terhadap pergeseran lempeng itu. Sudah gitu, ada empat lempeng tektonik yang bertemu di Indonesia. Benua Australia, Hindia, Pasifik. Atinya, gempa bumi di Indonesia tak terelakan. Berikut apa yang harus kita lakukan di saat terjebak gempa…

Di RUMAH

·       Segera keluar rumah. Kadang bagi yang hidup di daerah rawan gempa, kita jadi cenderung mengabaikan getaran kecil. Padahal, tiap gerakan lempeng bumi punya kekuatan yang berbeda juga.
·       Jika nggak sempat keluar rumah, berlindunglah di samping benda besar. Menurut Doug Copp, Kepala penyelamat dan Manajer Bencana dari American Rescue Team International (ARTI), berlindunglah di samping benda besar yang akan remuk sedikit, tapi menyisakan celah kosong di sebelahnya. Misalnya, kita berlindung di sebelah sofa. Ketika ada lemari yang menimpa sofa, lemari itu akan jatuh miring, sehingga kita terlindung di sisa sudut kemiringan itu. Ini yang disebut Daougg Copp sebagai segitiga kehidupan.
·       Jangan berlindung di sekitar pintu. Karena ketika pintu roboh, langit-langitnya akan menimpa kita.
·       Berlindung dengan posisi meringkuk.
·       Jika sempat, matikan kompor dan aliran listrik yang menyala. Untuk menghindari kebakaran.
·       Jangan berlari untuk keluar dari ruangan. Karena jika jatuhsaat berlari, akan memperlambat arus evakuasi kita. Berjalan jongkoklah sambil melindungi kepala.

Di JALAN

·       Minta supir untuk meminggirkan mobil secara pelahan. Getaran gempa bisa bikin sopir panik dan mengerem mendadak. Padahal itu bisa mengakibatkan tabraan.
·       Segera keluar dari mobil! Karena ketika mobil tertimpa sesuatu, kita akan makin sulit keluar.
·       Berlindung di sisi mobil yang setidaknya memiliki 1 meter ruang kosong yang aman.
·       Jauhi ruas jalan yang berada di dekat tiang listrik, atau papan reklame.
·       Cari daerah berlindung yang nggak berpotensi longsor.

Di MAL atau Di GEDUNG BERTINGKAT

  • Merapatlah ke dinding, tunggu hingga gempa mereda.
  • Jika gempa terasa sangat kuat, ikuti jalur evakuasi yang ada di mal.
Tetap waspada, tapi jangan panic. Seingkali ada korban gempa di gedung bertingkat seperti mal, justru karena terinjak-injak akibat panic.
  • Jika berada dalam lift, pencet tombol lantai terdekat, agar segera bisa keluar dari lift.
  • Lindungi kepala dengan tas yang dibawa atau keranjang belanja.
Menjauh dari benda yang gampang tergelincir seperti rak barang atau etalase.

0 komentar:

Posting Komentar