Pages

Jumat, 22 Oktober 2010

BAHAYA KANKER SERVIKS

Mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah kanker serviks sebelumnya. Sebetulnya, seberapa besar kemungkinan penyakit ini menyerangmu? Ayo,, kenali lebih jauh supaya kamu bisa mencegahnya mulai sekarang.


·       APAKAH SERVIKS ITU?

Serviks adalah bagian paling bawah dari rahim perempuan. Sebagian besar rahim uterus berada dalam pelvis (tulang panggul), sementara serviks berada di dekat vagina dan biasanya disebut juga leher rahim.

·       APA ITU KANKER SERVIKS?

Kanker serviks itu adalah keadaan dimana sel yang terdapat di serviks berubah menuju pertumbuhan yang abnormal dan bersifat mengganggu jaringan atau organ tubuh kita yang lain.

·       APA YANG MENYEBABKAN KEABNORMALAN TERJADI?

Mutasi sel biasanya disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV), hubungan seks yang terlalu dini, aktif secara seksual dengan partner yang berbeda-beda dan menggunakan alat kontrasepsi oral atau birth control pills lebih dari 5 tahun. Faktor lainnya adalah kebiasaan merokok, dimana bahan kimia rokok berinteraksi dengan sel-sel serviks sehingga menyebabkan pra-kanker yang dapat berkembang menjadi kanker.

·       APA SAJA GEJALA YANG MUNCUL JIKA KITA TERINFEKSI KANKER SERVIKS?

Sama seperti kanker pada umumnya, tidak ada tanda-tanda yang terlihat sampai sudah mencapai stadium berbahaya. Tand-tanda yang paling umum adalah pendarahan pada vagina di luar siklus menstruasi kita, perut bawah atau panggul nyeri, benjolan di vagina yang menyebabkan nyeri setiap buang air kecil. Untuk beberapa kasus, virus HPV menyebabkan kulit-kulit tumbuh di area kelamin.

·       KALAU BEGITU BAGAIMANA CARA MENGETAHUINYA?

Mulai melakukan pap smear dengan ginekolog di rumah sakit jika kamu aktif secara seksual atau ketika berusia 17 tahun. Pap smear berguna mendeteksi kelainan apapun dalam vagina kita. Semakin cepat kita mengetahui, semakin cepat untuk diobati. Operasi akan kemoterapi merupakan beberapa cara penanganan kanker serviks, namun jika kanker sudah menyebar dan masuk dalam tahap akut, dapat menyebabkan kematian.

·       PENCEGAHANNYA BERUPA APA SAJA?

Pertama, kita harus rutin mengecek kesehatan vagina ke ginekolog. Berhenti merokok, menganut pola pasangan tunggal, menggunakan kondom, dan mendapatkan vaksinasi HPV di rumah sakit. Vaksinasi ini paling baik dilakukan sebelum usiamu mencapai 26 tahun, dan 3 kali disuntikkan pada lengan, dengan jarak waktu 0-6 bulan. Yang tidak boleh dilupakan saat melakukan pap smear adalah berkata jujur pada ginekolog yang bertugas untuk menghindari penyakit yang tidak diingikan.

0 komentar:

Posting Komentar